Berita Pemilu

Dana operasional KPPS, KPU tunggu putusan Kemenkeu

Dana operasional KPPS, KPU tunggu putusan Kemenkeu

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menunggu respons dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam hal pengajuan penambahan dana operasional Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KPU sendiri membutuhkan kepastian dari besaran dana operasional KPPS tersebut guna persiapan penyelenggaraannya pada 9 April 2014 mendatang. "Semoga Kementerian Keuangan bisa cepat," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah saat berbincang, Jumat (7/3/2014).

Menurut Ferry, DPR sendiri sebelumnya telah menyetujui angka Rp750.000 yang diajukan KPU sebagai dana operasional di tiap TPS. Saat ini keputusan pencairan tinggal menunggu hasil pengajuan anggaran yang baru tersebut dan sudah berada di Kemenkeu. "Ke Menteri Keuangan (Menkeu) juga," tambah Ferry.

Sebelumnya diketahui dana operasional KPPS untuk Pemilu 2014 turun Rp250.000 dibandingkan pemilu sebelumnya sebesar Rp500.000. Jumlah tersebut dianggap kurang mencukupi mengingat harga perlengkapan yang harus disediakan petugas KPPS dalam menyelenggarakan pemilu di TPS seperti tenda dan kursi yang harganya dipastikan naik dibandingkan Pemilu 2009.

Atas dasar itulah muncul kekhawatiran akan tidak maksimalnya penyelenggaraan pemilu. "Makanya kita terus upayakan agar bertambah menjadi Rp750 ribu," tuntas Ferry.

 

(kur)