Berita Pemilu

Prabowo-Hatta Menang di RSJ Bali

Prabowo-Hatta Menang di RSJ Bali

BANGLI - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomer urut 1 Prabowo-Hatta jadi idola di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali. Berdasarkan hasil perhitungan, Prabowo-Hatta menang telak dengan 65 suara, sementara pasangan Jokowi-JK hanya mendapatkan 45 suara.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) RSJ Bangli Wayan Murjana mengatakan, setelah dihitung surat suaranya, pasangan nomer urut 1 menang.

Surat suara di RSJ Provinsi Bali berjumlah 120 surat suara. Pasien RSJ yang memberikan suaranya 81 orang, ditambah dengan surat suara dari RS Umum Bangli sekitar 23 surat suara, dan petugas RSJ 16 orang.

"Dari 120 surat suara itu yang tidak ada 10 surat suara, yang tidak sah karena ada yang tidak dicoblos, ada juga dicoblos tapi tidak tepat, ada juga yang gambar kedua capres di coblos dua-duanya sehingga itu tidak sah," terangnya, di TPS 21 RSJ Bali, di Bangli, Rabu (9/7/2014).

Sebelumnya, ada 136 pemilih yang masuk dalam DPT, mayoritas merupakan pasien dan beberapa petugas RSJ yang akan mencoblos. Selain itu, ada 87 pasien lagi yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPT).

Selasa 8 Juli 2014, ada tambahan sebanyak 94 orang. Namun hari ini yang menggunakan hak pilihnya 81 pasien. Sedangkan jumlah total pasien di RSJ Provinsi Bali 396 orang.

"Pasien yang tidak jadi memilih meskipun sebelumnya sudah masuk rekomendasi mungkin karena sakitnya kumat. Pasien gangguan jiwa kan bisa berubah sewaktu-waktu, jadi agak sulit diprediksi," jelasnya.

Ketika ada pasien RSJ yang sebelumnya stabil, tetapi pada saat hari H ternyata gangguan jiwanya kambuh, tentu tidak bisa diikutkan untuk memberikan pilihan.

 

(san)